Nasional

Kini Lebih Mudah Bayar Samsat Secara Online

Bagi anda yang penasaran bagaimana cara bayar samsat online, yuk baca artikel berikut sampai selesai. Di masa serba digital ini, hampir semua pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui online. Tidak terkecuali dengan pembayaran pajak, yang kini sudah terintegrasi secara online. Pembayaran pajak menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

 

Apa itu Samsat Online?

Samsat merupakan singkatan dari Sistem Administrasi Manuggal Satu Atap. Artinya sistem administrasi yang diselenggarakan dalam satu tempat, untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyarakat.

Sejalan dengan kemajuan teknologi, Samsat juga turut meningkatkan layanannya dengan Samsat Online. Samsat Online adalah layanan elektronik dalam jaringan, yang disediakan oleh Tim Pembina Samsat Nasional. Samsat Online juga tersedia dalam bentuk aplikasi sehingga mudah digunakan dan diakses dari manapun.

 

Manfaat Samsat Online

Seperti disebutkan di atas, Samsat Online bertujuan untuk memberikan layanan yang sama dengan Samsat manual. Adapun layanan yang saat ini sudah dapat dinikmati masyarakat adalah pembayaran pajak kendaraan, perpanjangan STNK, dan memperoleh informasi seputar pajak kendaraan.

  1. Pembayaran pajak kendaraan

Dengan menggunakan Samsat Online, bayar pajak online sangat dimudahkan dengan sistem pembayaran self service. Yang artinya, masyarakat melakukan sendiri pembayaran, mulai dari memilih jenis pajak, melakukan pembayaran, bahkan dapat menentukan kapan pembayaran akan dijalankan.  Bayar pajak lewat Samsat Online akan lebih cepat dan lebih terjamin karena semuanya tercatat dalam sistem.

  1. Perpanjangan STNK

Untuk perpanjangan STNK, harus diperhatikan syarat dan ketentuan khususnya agar semua proses berjalan dengan lancar. Khusus untuk perpanjangan STNK, masih ada beberapa daerah yang belum dapat diakses layanannya. Bagi masyarakat yang daerahnya belum masuk ke Samsat Online, maka pengurusan STNK tetap dilakukan secara manual.

  1. Informasi seputar pajak kendaraan

Ini merupakan tujuan utama disediakannya Samsat Online, agar masyarakat mudah dan cepat memperoleh informasi mengenai pajak. Tidak perlu keluar rumah, hanya bermodalkan ponsel dan jaringan internet, masyarakat dapat mengakses informasi yang tepat dan akurat. Apalagi menggunakan aplikasi, semakin memudahkan masyarakat untuk mencari informasi.

 

Bagaimana cara bayar samsat online dengan mudah dan praktis?

Dengan menggunakan aplikasi atau website, anda bisa bayar pajak melalui Samsat Online dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor Samsat dan mengantre seharian, cukup gunakan ponsel dan jaringan internet.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di aplikasi SIGNAL. Caranya dengan mendaftarkan kendaraan bermotor anda. Pilih menu ‘Tambah Data Kendaraan Bermotor’, lalu pilih menu ‘Kendaraan atas Nama Sendiri’. Masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor, yaitu 5 digit terakhir nomor angka. Anda juga dapat mendaftarkan kendaraan milik orang lain dalam satu Kartu Keluarga yang sama. Caranya dengan klik simbol tambah. Anda akan mendapatkan kode pembayaran yang akan digunakan saat pembayaran.

Setelah itu anda login ke aplikasi atau website pembayaran, pilih menu e-Samsat. Masukkan kode pembayaran, dan jumlah tagihan akan muncul otomatis. Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran yang akan anda gunakan. Anda juga bisa memilih kapan pembayaran akan dilakukan.

Sebaiknya lakukan pembayaran jauh-jauh hari agar terhindari dari keterlambatan karena sistem yang error atau koneksi internet yang kurang baik. Jangan khawatir, setiap pembayaran akan memdapatkan bukti pembayaran yang resmi. Dari bukti pembayaran ini, anda harus screen shot atau mencetaknya agar lebih mudah saat ada pemeriksaan STNK di jalan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close