Headline NewsKota Bengkulu

Keberagaman Suku Bangsa, Rohidin: Kebanggaan sekaligus Modal Pembangunan Daerah

Bengkulu, rafflesianews.com Keberagaman suku bangsa di tengah masyarakat Bengkulu, ditegaskan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, menjadi nilai yang sangat penting dalam pembangunan daerah. Termasuk kebudayaan dan adat istiadat yang dimiliki. Salah satunya suku Jawa.

Di Bengkulu, suku Jawa menempati peringkat kedua jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Bengkulu setelah suku Rejang dengan berbagai kebudayaannya.

Oleh karena itu, lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, keberagaman ini jangan dijadikan pembeda di tengah masyarakat, melainkan dijadikan pemersatu dan kebanggaan tersendiri, sebagai salah satu modal untuk pembangunan daerah.

“Jadi saya tegaskan betul dengan keluarga saya di sini, orang Bengkulu yang tinggal di sini jangan pernah lagi merasa menjadi orang Jawa, tetapi kalau kesukuan itu tetap melekat. Budaya tetap dibawa, dipelihara dan dikembangkan, tapi status kependudukan orang Bengkulu, tapi kalau ditanya sukunya apa suku Jawa,” papar Gubernur Rohidin usai hadir pada Pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk, di Desa Marga Bhakti D5, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara, Ahad (20/06) malam.

Gubernur Bengkulu lulusan terbaik UGM ini, yang dalam kesempatan itu menyerahkan Tokoh Wayang kepada Dalang Sarjito juga mengatakan, Pemprov Bengkulu berkomitmen terus memberi dukungan terhadap kelestarian budaya seperti pertunjukan wayang kulit ini dengan pembinaan dan bantuan melalui dinas teknis. Sehingga kelestarian budaya dan adat istiadat di tengah masyarakat tetap terjaga.

“Ini bentuk komitmen kita (Pemprov Bengkulu) mendukung kelestarian budaya bersama masyarakat, sehingga nanti anak cucu kita terus bisa melihat bahkan terlibat dalam kebudayaan tersebut,” pungkas Gubernur Rohidin.

Disampaikan Tokoh Masyarakat Jawa Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu Utara Sukatno, apresiasi tinggi dari masyarakat setempat atas kehadiran Gubernur Rohidin. Ini merupakan bentuk kepedulian gubernur dalam mendukung salah satu kebudayaan kebanggaan mereka ini.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Rohidin yang telah menyempatkan diri hadir di tengah masyarakat. Juga perhatian Pemprov Bengkulu sangat baik sekali mendukung kelestarian budaya kesenian Wayang Kulit ini,” ungkapnya.(ad)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close