Kampus IAIN

Upacara Peringatan HUT RI ke 73, Rektor: Keberadaan IAIN Bengkulu Sangat Penting di Masyarakat

BENGKULU, Rafflesianews Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu menyelenggarakan upacara bendera. Sebagai inspektur upacara yakni Wakil Rektor I Dr.KH. Zulkarnain Dali M, Pd serta diikuti sebanyak 3000 ribu peserta upacara yang berasal dari Seluruh Civitas Akademika IAIN Bengkulu termasuk seluruh mahasiswa yang baru saja dinyatakan lulus masuk ke IAIN Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Rektorat IAIN Bengkulu. Jumat (17/8).

Dalam sambutannya Rektor IAIN Bengkulu yang dibacakan oleh wakil Rektor I Dr. Kh. Zulkarnain Dali, M.Pd  mengatakan, pentingnya mencintai tanah air dan mencintai kemerdekaan Indonesia telah merdeka sejak 73 tahun yang lalu dan ini merupakan rahmat dan nikmat yang tidak ternilai harganya dari Allah semangat juang yang menggelorakan semangat jihad Membela tanah air menjadi motivasi untuk mencapai kemerdekaan, dengan merawat dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan hal-hal yang positif dan lebih bermartabat.

Lanjut Zulkarnain mengatakan, bahwa jumlah mahasiswa IAIN Bengkulu sekarang yaitu 11 ribu lebih ditambah yang baru masuk tahun 2018 ini sebanyak 2365 orang dan jumlah dosen adalah 5 orang jumlah tenaga kependidikan dan tenaga luar biasa sebanyak 165 orang.

Beliau juga berharap kepada semua Fakultas untuk terus meningkatkan Akreditasi Prodi dan juga peningkatan kualitas dalam pengajaran dan beliau juga berpean kepada mahasiswa baru agar dapat  berpikir dan bertindak bijaksana dalam menciptakan suasana kampus yang nyaman ilmiah dan berakhlakul karimah, menghindarkan sifat sifat anarkis dan berusaha menjauhi segala tindakan yang dapat merugikan diri sendiri.

“Kita harus membangun kekompakan karena dengan kekompakan insya Allah program kita akan tercapai dan bisa membangun kampus yang kita cintai ini lebih maju kedepannya,”kata Zulkarnain.

Sementara itu, Wakil Rektor I Dr. Kh. Zulkarnain Dali, M.Pd mengunkapkan, bahwa salah satu tugas dosen dan karyawan IAIN Bengkulu selaku Perguruan Tinggi Islam Negeri Bengkulu adalah mengembangkan Pendidikan Agama Islam diwilayah Bengkulu sehingga dapat mencerdaskan masyarakat, bukan hanya ilmu umum tapi juga ilmu agama. Hal tersebut meperlihatkan bahwa posisi dan peran IAIN Bengkulu sangat penting bagi kehidupan  masyarakat khususnya Provinsi Bengkulu yang mayoritas beragama Islam. Oleh karena itu  harus  berupaya mencetak tenaga ahli yang memiliki mental dan moralitas tinggi.

Pada peringatan Kemerdekaan RI ke-73 di IAIN Bengkulu juga menyerahkan Satya Lancana menurut Surat Keputusan Presiden RI. Petugas upacara pada peringatan HUT RI ke 73 di IAIN Bengkulu sebagai Pembaca Teks Proklamasi yakni Drs. H. Rizkan A. Rahman, M.Pd selaku ketua Senat IAIN Bengkulu. Pembaca Teks UUD tahun 1945 yakni Dr. Samsudin, M. Pd selaku Wakil Rektor III. Pemimpin Doa Drs. H. Nasron. M. Ag selaku direktur Mahad Al-Jamiah. Pengibar Bendera berasal dari UKM Paskibra, Komandan Upacara dan Pemimpin Barisan yakni UKM Pramuka IAIN Bengkulu.(Np/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close