Bengkulu UtaraPendidikan

seluruh SMK di Bengkulu Utara akan menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis komputer.

: Bengkulu Utara rafflesianews.com–  Mulai tahun ini, seluruh SMK di Bengkulu Utara akan menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis komputer.

Hal ini merupakan hasil rapat koordinasi musyawarah kerja kepala sekolah dengan seluruh wakil kurikulum SMK se-Kabupaten BU yang sudah memiliki siswa kelas 12, untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN), ujian kompetensi nasional dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yang dilaksanakan belum lama ini.

Kepala SMKN 2 Arga Makmur, Firdaus, M.Pd di bincangi media membenarkan hal ini. “Dari hasil rakor tersebut, SMK yang ada di Bengkulu Utara, termasuk SMKN 2 Arga Makmur siap melaksanakan USBN. Dimana pelaksanaan USBN SMK di Bengkulu Utara tidak lagi berbasis kertas tapi berbasis komputer,” ujar Firdaus.

Dikatakan Firdaus, dengan USBN berbasis komputer, bisa memperkecil tingkat kecurangan, tingkat kesalahan, lebih menghemat karena tidak menggunakan berkas yang banyak lagi. Selain itu, jumlah pengawas silang juga lebih diminimalisir. Untuk soal, lanjut Firdaus, 25 persen dari pusat, 75 persen dari musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

“Jadi itu bedanya, kalau ujian sekolah soal dibuat oleh guru mata pelajaran saja sementara USBN kolaborasi seluruh SMK dibuatkan oleh MGMP sehingga soal lebih bagus, terukur dan berpedoman pada kisi-kisi yang ditetapkan BSNP (Badan Standarisasi Nasional Pendidikan),tutupnya(Sl)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close