Bengkulu Utara

Polres BU Tindak Tegas Tambang Galian C Nakal

BENGKULU UTARA, rafflesianews.com  – Akibat Maraknya tambang galian C  yang beroperasi tanpa legalitas yang jelas di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara belakangan menyita sehingga mengundang perhatian Polres Bengkulu Utara.

Bahkan meskipun pihak Polres Bengkulu Utara  beberapa kali memberi peringatan tehadap tambang galian C ilegal ini, Namun para pelaku usaha tambang tetap  nekad  beroprasi.

“Kami minta kepada seluruh tambang yang belum memiliki ijin operasi resmi dari pihak terkait agar segera melakukan pengurusan ijin. Jika tetap membandel akan kami tindak tegas,” ujar Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Ariefaldi Warganegara melalui Kasat Reskrim AKP Jufri, jumat (12/1/18) saat ditemui diruang kerjanya.

Ditambahkan Jufri, bentuk tindakan yang akan dilakukan yaitu melakukan razia penertiban. Jika saat razia nanti para penambang tidak bisa menunjukkan ijin operasi resmi maka lokasi tambang akan dilakukan penutupan paksa menggunakan police line.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara untuk menentukan jadwal penertiban tambang ilegal ini. Sekaligus, menyamakan data lokasi dan tambang mana saja yang memiliki ijin resmi dan tambang mana saja yang tidak memiliki ijin resmi, ” tegas Jufri.

Berdasarkan Pantauan rafflesianews.com   di Kabupatem Bengkulu Utara tak kurang dari seratus tambang galian C beroperasi. Baik tambang batu kali, tambang Pasir dan lain lain.

Sementara itu, berdasarkan data resmi Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara hanya ada 56 tambang galian C yang memiliki ijin resmi. (sulis)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close