.Headline NewsKota Bengkulu

Plt Gubernur Bengkulu Sampaikan SPT Tahunan Dengan E-Filling

BENGKULU, rafflesianews.com – Sebagai upaya mewujudkan masyarakat taat pajak, Selasa (13/3/2018) Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu menggelar Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh secara elektronik di Gedung Pola Bappeda Provinsi Bengkulu.

Acara ini dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah, M.MA, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung Erna Sulistyowati, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu Nandang Hidayat dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Arga Makmur, Mawar Sri Basuki.

Penyerahan Plakat Dari Kepala Kanwil Direktorat Pajak Bengkulu Lampung, Erna Sulistyowati kepada Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah

Selain itu tampak hadir juga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi seperti Kapolda Bengkulu Brigjend. Pol. Coki Manurung dan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, bupati/ walikota, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemprov Bengkulu.

Dalam acara bertema Sinergi dan Harmoni Membangun Negeri, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polisi Dijadikan contoh teladan dalam penyampaian SPT Tahunan PPh. Untuk itu, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada agar menularkan informasi ini kepada seluruh ASN.

foto bersama usai acara

“Sehingga materi sosialisasi soal penyampaian SPT tahunan secara elektronik ini benar-benar dimengerti dan dilaksanakan oleh ASN,” ujar Rohidin dalam sambutannya.

Menurut Rohidin, pelaporan pajak secara elektronik menggunakan E-Filling sangat cukup membantu dan mempermudah. Meski demikian, kecepatan dan kemudahan itu masih belum bisa diakses sepenuhnya oleh seluruh lapisan masyarakat Wajib Pajak.

“Karena masih ada masyarakat yang belum mengerti sistem online ini seperti apa. Akan lebih maksimal jika nantinya KPP turun langsung jemput bola ke masyarakat untuk membantu proses pelaporan dengan perangkat yang diperlukan,” kata Rohidin.

Peserta acara tampak khidmat mengikuti acara

Sementara itu, Kepala DJP Bengkulu dan Lampung, Erna Sulistyowati mengungkapkan, untuk saat ini hampir 95 Persen ASN, TNI dan Polisi telah melaporkan SPT Tahunan PPh. Dengan acara ini, Erna berharap Wajib Pajak Pribadi dapat melaporkan SPT Tahunan sebelum batas akhir penyampaian.

“Karena 31 Maret adalah limit waktu penyampaian SPT Tahunan Pribadi dan 30 April untuk badan. Jika lewat dari tanggal itu maka ada denda,” kata Erna.

Dikatakannya, DJP juga akan bekerjasama dengan asosiasi, Perguruan Tinggi bahkan mendirikan “Pojok Pajak” untuk mensosialisasikan hal ini kepada wajib pajak. Bahkan dengan adanya E-Filling, Wajib Pajak diberikan kemudahan menyampaikan SPT Tahunan dimana saja, kapan saja dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

“Dengan E-Filling, masyarakat hanya perlu memanfaatkan sedikit waktu luang untuk mengikuti panduan pengisian blanko secara elektronik tersebut,” jelasnya. (leni/adv)

Plt Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah, M.MA saat menyampaikan sambutan
Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Erna Sulistyowati saat menyampaikan sambutan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close