Advertorialp.selumaSeluma

Pemkab Seluma Selenggarakan Pilot Project Admin

Program Gerakan Indonesia Sadar Kependudukan tahun 2018

Seluma, rafflesianews.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma menyelenggarakan kegiatan Pilot Project Admin (PPA) yang dipimpin langsung Bupati Seluma, Bundra Jaya, SH, MH, Senin (5/2/2018) di Kantor Pemkab Seluma. Kegiatan yang diikuti 14 Desa di Kabupaten Seluma ini dalam rangka program Gerakan Indonesia Sadar Kependudukan tahun 2018.

“14 Desa yang terpilih merupakan desa percontohan pemenuhan target capaian dibidang administrasi kependudukan,” terang Bupati Seluma, Bundra Jaya saat pembukaan PPA.

Dikatakannya, 14 desa ini diberikan pembekalan dan selanjutnya akan dimonitoring dan dievaluasi karena akan dipilih 1 desa atau kelurahan sebagai peserta lomba ditingkat Provinsi.

para peserta tampak khusuk mengikuti acara Pilot Project Admin (PPA) yang dipimpin langsung Bupati Seluma, Bundra Jaya, SH, MH, Senin (05/02/2018)

“Hanya satu desa yang akan mewakili Seluma sebegai peserta lomba di tingkat provinsi nantinya,” pukas Bupati.
Dalam menentukan kriteria desa terpilih untuk mengikuti PPA, Bundra menerangkan setiap desa mesti memiliki SK dari bupati, harus memiliki data penduduk yang akurat dan selalu diperbaharui, memiliki data penduduk wajib KTP dan kepemilikan e-KTP, memiliki data penduduk lahir berupa kepemilikan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Selain itu, mempunyai data penduduk meninggal dan kepemilikan akta kematian, mempunyai data penduduk migrasi meliputi penduduk pindah maupun pendatang, mempunyai data penduduk menurut agama, mempunyai penduduk menurut pendidikan terakhir, memiliki data penduduk menurut golongan darah. Kemudian mempunyai data KK menurut pekerjaan, memiliki data penduduk yang memiliki akta perkawinan, buku nikah, akta perceraian serta data penduduk yang memiliki akta pengakuan anak dan akta pengesahan anak.

“Jadi semua desa yang mengikuti PPA ini telah tertib administrasi,” terangnya.

Untuk kedepannya, Bundra berharap agar semua desa di Kabupaten Seluma dapat tertib adminstrasi sehingga pembangunan Kabupaten Seluma dapat semakin meningkat.

“Karena pemerintahan akan semakin sukses apabila dimulai dari pembangunan desa,” Ungkap Bundra kemudian.

Terpisah, Kepala Desa Bakal Dalam, Kecamatan Talo Kecil, Iwan Kusnadi sangat bersyukur desanya terpilih dalam PPA yang diselenggarakan Pemkab Seluma. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi tolak ukur pencapaian dalam bidang administrasi desa.

“Sehingga setiap desa di kabupaten Seluma ini dapat meningkatkan kinerja dan kerja dalam administrasi kependudukan,” ungkap Iwan. (ant/adv)

Foto Bersama : Bupati Seluma, Bundra Jaya, SH, MH foto bersama Sekretaris Kabupaten Seluma dan OPD usai acara Pilot Project Admin (PPA), Senin (05/02/2018)
Foto Bersama : Bupati Seluma, Bundra Jaya, SH, MH foto bersama Sekretaris Kabupaten Seluma dan OPD usai acara Pilot Project Admin (PPA), Senin (05/02/2018)

14 DESA SEBAGAI PILOT PROJECT

  1. Desa Bakal Dalam Kecamatan Talo Kecil
  2. Desa Sidoluhur Kecamatan Sukaraja
  3. Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan
  4. Desa Lubuk Terentang Kecamatan Lubuk Sandi
  5. Desa Lubuk Lagan Kecamatan Seluma Barat
  6. Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma
  7. Desa Rawa Sari Kecamatan Seluma Timur
  8. Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan
  9. Desa Pandan Kecamatan Seluma Utara
  10. Desa Kampai Kecamatan Talo
  11. Desa Air Keruh Kecamatan Ulu Talo
  12. Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo
  13. Desa Petai Kayu Kecamatan Semidang Alas
  14. Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close