LebongPolitik

Pemkab Lebong Jalin Kerja Sama dengan ITB

 MOU DENGAN ITB: Bupati Lebong, H. Rosjonsyah saat menyerahkan cenderamata kepada Rektor ITB, Dr.
MOU DENGAN ITB: Bupati Lebong, H. Rosjonsyah saat menyerahkan cenderamata kepada Rektor ITB, Dr.

LEBONG, Rafflesianews.com– Pemerintah Kabupaten Lebong menunjukkan keseriusannya dalam membangun empat sektor andalan daerah. Untuk memantapkan program tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Lebong dan ITB yang berlangsung di Kota Bandung Jabar belum lama ini. Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si dan Rektor ITB, Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA bersepakat menindaklanjuti MoU itu dengan kontrak perjanjian kerja sama.

Empat bidang pembangunan yang disepakati dalam MoU kerja sama itu, bidang pariwisata, pendidikan, pertanian dan bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun dari empat bidang tersebut, skala pembangunan yang paling diprioritaskan kerja samanya adalah pengembangan di sektor pariwisata.

‘’Pihak ITB sudah sepakat akan membantu. Segera kami susun perjanjian kerja samanya,’’ kata Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si kepada RB, kemarin (28/9).

Lebih lanjut disampaikannya, melalui MoU itu diharap ITB dapat berkontribusi langsung dalam melakukan pendampingan dan pembinaan. Dengan usia Kabupaten Lebong yang baru 13 tahun, jelas masih membutuhkan peran dan kerjasama dari berbagai pihak dalam pelaksanaan pembangunan.

“Untuk tahap awal, kami harap pihak ITB dapat membantu menyusun dokumen rencana induk pengembangan pariwisata Kabupaten Lebong,” ungkap Bupati.

Sengaja bidang pariwisata yang menjadi skala prioritas, karena hanya 16 persen dari wilayah Kabupaten Lebong yang dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat. Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah namun berada dalam kawasan hutan, diharap dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lebong.

“Salah satu potensi SDA yang berlimpah di Lebong adalah objek wisata, maka pariwisata yang kita lebih tonjolkan dalam kerjasama itu,” jelas Bupati. (nv)

 

Related Articles

Close