DaerahKota Bengkulu

Kota Bengkulu Lolos Administrasi Kota Sehat

Kota Bengkulu, rafflesianews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu gelar sosialisasi dan pembinaan kota sehat di forum komunikasi kelurahan sehat Kecamatan Teluk segara, Senin (29/07/2019). Sosialisasi ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Bengkulu serta RT, Lurah dan camat setempat.

Arifin Daud selaku Ketua Forum Kota Sehat menyampaikan 3 hari lalu tim verifikasi dari pusat menyatakan Bengkulu lolos administrasi secara nasional. Maka saat ini dilakukan rapat persiapan terhadap verifikasi lapangan khusus wilayah Teluk Segara terhadap 3 tatanan unggulan dari 7 taruna unggulan yang ada.

“Sebelum tim verifikasi turun kita sudah harus punya persiapan yang matang baik materi dan teknis,” ujarnya.

Ia menambahkan di setiap objek wisata sudah harus dipersiapkan apa yang perlu dipersentasikan dan siapa yang mempersentasikannya. “Kita juga perlu siapkan agar saat tim verifikasi turun kita tidak saling opor-oporan untuk memprestasikan suatu objek wisata yang sedang kita kunjungi,” terangnya

Ditempat yang sama, dr Yeni dari Puskesmas Pasar Ikan menyampaikan perlu juga untuk melakukan pembinaan terhadap pedagang yang ada di kawasan pariwisata. Misalnya terkait kelayakan makanan dan minuman yang dijual pedagang.

“Kalau di rasa perlu kita beri surat keterangan layak jual yang bisa mereka tempelkan di tempat dagangan agar masyarakat bisa tahu bahwa pedagang-pedagang ini sudah teruji dan terbina,” sambungnya.

Dalam forum ini, Efrizal selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan untuk operasi mobil angkut sampah sudah sangat maksimal. Setiap hari setidaknya 2x mengangkut sampah.

“Kalau bisa sampah-sampah yang masih dapat kita manfaatkan untuk kerajinan dan lain-lain sebaiknya kita manfaatkan, ini untuk mengurangi sampah yang ada, supaya dari 2x sehari kita bisa kurangi menjadi 1x operasi mobil angkut sampah. Karena itu juga termasuk penilaian, semakin berkurang sampah yang ada semakin sehat kota kita,” tutupnya. (Rilis)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close