DaerahSeluma

Kemenkes Siapkan 20 M, Pembangunan Puskesmas Seluma

Seluma rafflesianews.com – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Seluma di tahun 2019 akan memberikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma  sebesar Rp 20 miliar.

Bantuna tersebut untuk pembanguan Dua unit Gedung Puskesmas yang rencananya akan di bangun di Desa Renah Gajah Mati II, Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Desa Gunung Kembang, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM).

Plt Kadinkes Seluma, Rudi Sawaludin menuturkan, “Kita tidak menerima uang dalam bantuan ini, namun berupa gedung dengan fasilitas lengkap,”Ungkapnya saat dikonfirmasi dikantor Dinkes seluma, Minggu (23/12).

Disamping itu Rudi menambahkan, bantuan dua unit Puskesmas ini merupakan program Daerah Terpencil dan Kepulauan (DTK) yang di gulirkan oleh Kemenkes.

Penerima program ini, hanya menyiapkan lahan. Sementara pembangunan dan pembelian fasilitasnya semua di tangani oleh Kemenkes, dan tersedia ruang rawat inap bagi pasien, serta trdpat dokter yang bertugas di puskesmas.

“Pokoknya nanti kita hanya menerima gedung puskesmas yang siap beroperasi. Soal pembangunan dan lainnya semua ditangani oleh Kemenkes,” ujar Rudi.

Lanjutnya bantuan khusus DTK tahun 2019 ini, Kabupaten Seluma merupakan satu-satunya yang menerima se Provinsi Bengkulu. Puskesmas yang akan di bangun tersebut, merupakan puskesmas untuk rawat inap yang akan melayani masyarakat di wilayah tersebut.

Selain itu, puskesmas yang akan dibangun nantinya akan memudahkan masyrakat bagi membutuhkan perawatan, apa bila tidak sempat berobat ke Rumah sakit.

“Kita berharapa agar secepatnya pembangunan puskesmas ini dapat terealisasikan guna kepentingan masyarakat yang membutuhkan perawatan kesehatan.”tutup Rudi.(86)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close