Mukomuko

Ini Harapan dan Pesan Pejabat-Pejabat Baru Disdikbud

MUKO-MUKO,rafflesianews.com – Sebamyak 3 orang nama-nama pejabat yang baru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Mukomuko akan mengawal dunia pendidikan pada awal tahun 2018 ini. tiga tersebut yakni Kepala Dinas (Kadis) Disdikbud, Saburdi, S.Pd, M.Hum, Sekretaris Dinas (Sekdis) Winarno, M.Pd, dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Subaryadi, S.Pd. SD.

Menurut  Saburdi, S.Pd, M.Hum, kepada wartawan menjelaskan, kinerja untuk  menjadi kepala dinas Disdikbud tersebut mengebankan amanah yang sangat berat , Karena di samping harus memiliki krebilitas wawasan pendidikan, kita juga  harus memahami Undang-Undang (UU) Nomor : 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyebutkan penyelenggara pendidikan wajib memegang beberapa prinsip yakni pendidikan yang di selenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Kemudian nilai keagamaan, nilai cultural dan kemajemukan bangsa dengan satu kesatuan yang sistematik dengan sistem terbuka dan multimakna. Maka dari itu sekolah akan diberi kewenangan, namun tidak terlepas dari pengawasan pihak Disidikbud. Tidak hanya itu, ia juga berencana akan memfungsikan peran UPTD  dan pengawas. Termasuk untuk kegiatan melaksanakan upacara sekaligus menjadi Inspektur Upacara di sekolah.

‘’Kalau sudah diizinkan Bupati atau Sekda, tentunya kita berharap gebrakan yang berhubungan langsung dengan rakyat ini, bisa berjalan dengan baik dan lancar serta ada nilai lain yang diterima masyarakat, bahwa kami dari dinas Disidikbud juga mau turun langsung melihat keadaan yang terjadi di sekolah,inilah yang menjadi beban kami dalam mengebankan tugas, karena menyangkut program dunia pendidikan ,’’ kata Saburdi.

Terpisah, Winarno juga mengungkapkan, ketika sudah bergabung di struktural tentunya ingin memberi warna dan rasa yang sesuai dengan keinginan Kadis. Contohnya adalah meningkatkan atau menjaga marwah ideologi satuan pendidikan di tingkat SD dan SMP, sehingga ditempatkan sesuai dengan porsinya maing-masing.

‘’Kalau hal seperti ini dilakukan, tentu harapan yang sesuai dengan istilah kemanusiaan  itu sendiri. Artinya, memberi kesempatan dan percaya pada kemampuan di bidangnya masing-masing,”Sekali lagi yang jelas, saya akan selalu mensuport program unggulan atau program prioritas kepala dinas (Kadis) Disidikbud ,’’Tutup  Winarno.

Selain itu, Kabid Dikdas kabupaten Muko-muko  Subaryadi yang biasa disapa SBY kepada rafflesianews.com juga mengatakan, Menjabat sebagai kabid tugasnya adalah membantu Kadis. sedangkan dari pengalaman yang sudah ia alami selama menjabat sebagai Kepala UPTD Teras Terunjam ditambah dengan pengalaman lainnya, tentu dijadikan sebagai bahan referensi dalam melaksanakan tugas di Dikdas kedepannya.

‘’Semoga dengan pengalaman tersebut, saya bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya. Yang jelas, untuk saat ini, saya ingin beradaptasi dulu keseluruh pejabat dan staf Disdikbud, khususnya di internal Dikdas. Selanjutnya baru kita akan membuat program kerja,’’ tambah SBY.

Sementara itu, Mantan Plt. Kadis Disdikbud yang sekarang menjabat sebagai Kabag Humas Pemda Mukomuko, Suranto, S.Pd menyampaikan harapan agar Disdikbud kedepannya bisa semakin bagus, apalagi melihat sekarang sudah ada Kadis dan Sekretarisnya. Hal ini berbeda dengan dikepemimpinannya yang merangkap dua jabatan sekaligus, Plt dan sekretaris.

‘’ Mutasi kemarin pasti dilakukan dengan professional, yakni menempatkan posisi dan jabatan sesuai dengan bidang dan kemampuannya. Saya yakin dinas ini akan semakin bagus lagi. Adapun untuk pesan dan kesan saya kepada seluruh keluarga besar Disdikbud yang bahkan sampai membuat saya sempat menangis, adalah rasa bersyukur dan berterimakasih sekaligus salut dengan seluruh staf yang mau bekerjasama dan bekerja keras tanpa mengenal waktu, bahkan tidak tanggung-tanggung pernah sampai jam 06.00 WIB pagi lembur,’’ demikian Suranto. (rb)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close