AdvertorialHeadline NewsKota Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin: Paguyuban Wadah Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

Bengkulu, rafflesianews.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan keberadaan suku-suku yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu sangat berkontribusi dalam pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikan Gubernur Rohidin saat Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Paguyuban Lembur Kuring (PLK) Provinsi Bengkulu Periode 2019-2024 dan Pengurus Riungan Mahasiswa Mahasiswi dan Pemuda Sunda (RUMASA) Provinsi Bengkulu Masa Bhakti 2019-2024, bertempat di Gedung Daerah Balai Raya Semarak pada Kamis malam (3/9).

“Peran suku-suku yang berasal dari luar daerah kontribusinya sangat besar bagi pembangunan Provinsi Bengkulu. Apalagi diawal-awal pembangunan pondasi Bengkulu peranan suku-suku ini sangat dominan dalam berbagai aspek. Ada suku Sunda, Jawa, Batak, Minang dan masih banyak lagi dan saya tegaskan lagi mereka semua adalah masyarakat Bengkulu, mereka sudah menjadi warga Bengkulu, hanya sukunya saja yang berbeda-beda,” ungkap Gubernur.

Dikatakan Gubernur, keberadaan paguyuban sebagai organisasi kemasyarakatan juga menjadi wadah silaturahmi dan pusat kegiatan sosial kemasyarakatan, serta untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai leluhur.

“Tidak bisa dipungkiri, walaupun sudah berpuluh-puluh tahun meninggalkan tanah leluhur pasti menyimpan rasa rindu, karena nilai-nilai leluhur itu ada dalam aliran darah kita. Jadi, untuk  mengobati rasa kerinduan itu kita bisa berkumpul di paguyuban yang kental dengan kearifan lokalnya menampilkan kesenian dan lain-lain,” imbuhnya.

Disamping itu, orang nomor satu di Provinsi Bengkulu ini juga meminta kepada para pemuda yang tergabung dalam RUMASA untuk dapat ikut berperan dalam mengisi pembangunan, karena menurutnya, peran pemuda sangat penting dan menentukan masa depan bangsa.

“Posisi Pemuda sangat penting sekali. Saya berpesan kepada para pemuda maupun mahasiswa, gunakanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, gunakanlah masa kuliah itu dengan sesempurna mungkin, karena kesempatan itu tidak pernah datang dua kali, tidak akan pernah,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum PLK Provinsi Bengkulu Nomor 01/KEP-PLK Prov Bkl/III/2019 Tentang Pembentukan Pengurus PLK Provinsi Bengkulu Atang Solihat ditunjuk sebagai Ketua Umum, Dandi Sunardi  sebagai Wakil Ketua I, Rusmedi  sebagai Wakil Ketua II dan Asep Krisnadi Sekretaris Umum.

“Kami ini sudah melebur dalam tatanan budaya di Bengkulu, namun tidak melupakan adat-istiadat leluhur. Kami dari Paguyuban Lembur Kuring yang mewakili suku Sunda mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah menyambut kami dengan baik. Keguatan ini sudah lama direncanakan, namun sempat  tertunda karena pandemi Covid-19,” demikian Atang.(adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close