LebongPolitik

Giliran OKP Digandeng KPU

Personil komisioner KPU Lebong Persiapan Pemilu
Personil komisioner KPU Lebong Persiapan Pemilu

LEBONG,Rafflesianews.com – Setelah menggandeng para pelajar sebagai sahabat KPU dalam menyukseskan Pemilu 2019, kemarin (28/9) KPU Kabupaten Lebong kembali bekerjasama dengan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang ada di Kabupaten Lebong. Tidak hanya sebatas merangkul, OKP juga diposisikan sebagai agen KPU dalam penyampaian informasi mengenai pemilu.

Dalam kegiatan kemarin, KPU memberikan pendidikan sekaligus sosialisasi tentang Pemilu kepada 70 lebih perwakian dari 5 OKP yang hadir. ‘’Dari sosialisasi itu kami harap semua OKP yang ada di Lebong dapat menjadi

penyambung informasi mengenai Pemilu 2019. Baik masalah tahapan, masalah pemilih pemula hingga ke teknis pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan dimulai 3 Oktober,’’ ujar Divisi Sosialisas dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Lebong, Devi Irawan, SH kepada RB usai kegiatan.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Lebong, Sugianto mengatakan, tujuan utama

dari kegiatan pendidikan pemilih yang melibatkan OKP itu adalah mewujudkan Pemilu yang berkualitas di Kabupaten Lebong. Justru itu, ia berharap kepada seluruh OKP di Lebong dapat berperan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya pemilu. ‘’Termasuk mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput,’’ tutur Sugianto.

Sementara Eko Hatmono, salah satu perwakilan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Lebong yang hadir dalam kegiatan kemarin mengaku banyak mendapatkan wawasan tentang pemilu. Salah satunya mengenai pentingnya menggunakan hak pilih agar tertutup peluang terjadinya kecurangan dalam pesta demokrasi.

‘’Termasuk masalah hak pilih bagi pemilih pemula, bahwasannya setiap WNI yang sudah memenuhi syarat dijamin hak pilihnya tanpa pengecualian,’’ kata Eko.

Dari pantauan Rafflesianews, selain GP Ansor, 4 OKP lain yang juga berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan sekaligus sosialisasi Pemilu 2019 itu Ikatan Pemuda Kabupaten Lebong (IPKL), Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), Purna Paskibra Indonesia (PPI) dan Purna Pemuda Muda Indonesia (PPMI). Selain itu, para pemuda itu juga berkesempatan diajak melihat Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di Sekretariat KPU Kabupaten Lebong.(nv)

 

Related Articles

Close