Headline NewsKota BengkuluNasional

GERMAS, Salah Satu Wujud Revolusi Mental

Bengkulu, rafflesianews.com – Praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. Hal tersebut disampaikan  Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti dalam Workshop Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2018 yang dilaksanakan di Nala Seaside Hotel, Senin (2/6/2018).

““Mari budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat. Karena Hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental,” tegas Nopian Andusti saat membuka acara.

Lanjutnya, untuk menyukseskan GERMAS, terdapat 4 point utama yang harus menjadi kebiasaan dimasyarakat. Yakni, dalam 1×24 jam minimal 30 menit kita harus melakukan aktivitas fisik, membiasakan makan sayur dan buah mulai dari anak-anak, memeriksakan kesehatan minimal 6 bulan sekali,  dan dilarang merokok dan minuman yang beralkohol. Selain itu, untuk mendapatkan hidup sehat yang berkualitas, masyarakat juga diminta untuk menjaga kondisi dan kebersihan lingkungan.

“Mulai dari memelihara kebersihan rumah hingga lingkungan sekitar rumah. Setidaknya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,”  terang Nopian.

Sementara, Kepala Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni Menyampaikan, Seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Pemerintah Pusat dan Daerah membuat kebijakan yang berwawasan kesehatan.

“Kita akan melibatkan lingkup Akademisis, Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat dalam mensosialisasikan sekaligus melaksanakannya. Sedangkan Individu, Keluarga dan Masyarakat, menerapkan Germas dengan berperilaku hidup sehat,” ujar Herwan. (isp/adv)

Berikut Tujuan umum Germas :

  1. menurunkan beban penyakit
  2. menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan;
  3. meningkatkan produktivitas penduduk; dan
  4. menekan peningkatan beban fnansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

Tujuan khusus :

Tujuan khusus Germas adalah untuk menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular terutama melalui:

  1. Intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan
  2. Memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga
  3. Meningkatkan aktiftas fsik teratur dan terukur
  4. Meningkatkan pola hidup sehat
  5. Meningkatkan lingkungan sehat
  6. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol

Fokus 2018 – 2019

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Konsumsi sayur dan buah
  3. Memeriksa kesehatan secara rutin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close