Headline NewsKota Bengkulu

Genjot Enggano Menjadi Surganya Wisata Alam Bengkulu, Gubernur Rohidin Lakukan ini

Bengkulu, rafflesianews.com – Sebagai provinsi terbaik kedua dalam penghargaan pembangunan daerah 2020 berbasis inovasi pengembangan ekonomi kerakyatan ekowisata inklusif sertarevitaliasi wisata alam dan historis, Bappenas RI (30/4), Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, saat ini Pemprov berupaya maksimal untuk menggenjot pembangunan dan fokus pada Pulau Enggano dengan melakukan perubahan mendasar di pulau tersebut.

“Saya sudah berkeliling pulau Enggano dan sungguh luar biasa indahnya, pulau ini memiliki potensi wisata yang cukup bagus. Karenanya, Pemprov telah menggagas upaya-upaya pembangunan untuk menyulap pulau Enggano menjadi one island one resort sebagai kawasan wisata baru,” ungkap Gubernur Rohidin saat bincang santai di Balai Raya Semarak, Sabtu (2/5).

Gubernur Rohidin menjelaskan perubahan mendasar yang akan dilakukan di pulau Enggano diantaranya dengan pengembangan pelabuhan Kahyapu dan menambah rute penerbangan ke di Bandara Enggano, sehingga akses transportasi dari dan menuju Pulau Enggano benar-benar berfungsi maksimal.

“Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Enggano yang total panjangnya mencapai 32 kilometer,” imbuh Gubernur.

Beliau juga membahas peningkatan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan di Enggano. Upaya yang akan ditempuh adalah memaksimalkan ketersediaan tenaga pendidik dengan pengadaan guru bantu ataupun penempatan guru berstatus Aparatur Sipil Negara. Sementara itu, dalam bidang kesehatan salah satunya dengan pengoptimalan Puskesmas harus memiliki ruang rawat inap.

Terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik PLN di Pulau Enggano, Gubernur menjelaskan Pemda Provinsi Bengkulu akan bekerjasama dengan Lanal Bengkulu dalam hal pengangkutan BBM.

“Kita juga berupaya memaksimalkan pengelolaan komoditas unggulan di Enggano berupa pisang dan melinjo agar dapat diolah dengan lebih baik dan memiliki daya tahan yang lebih lama, sehingga mempunyai nilai tambah yang lebih bagus,” demikian Gubernur Rohidin. (MC)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close