advkotaBengkuluDPRD ProvinsiPolitik

DPRD Provinsi Bengkulu Uji Publik Raperda Perlindungan Anak

Bengkulu, rafflesianews.com – Lembaga DPRD Provinsi Bengkulu bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A P2KB) Provinsi serta Biro Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi, Senin, (12/2/2018) melakukan uji publik terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Anak, bertempat di Gedung Serba Guna kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Dalam uji publik Raperda yang menghadirkan tim penyusun dan melibatkan seluruh Organisasi Pemerintah Daerah(OPD) terkait lain, organisasi perempuan, pemerhati perempuan, satgas anak, akademisi, TNI, Polri dan masyarakat lain, termasuk siswa sekolah, berlangsung cukup alot. Lantaran berbagai kritikan, saran dan masukan untuk penyempurnaan Raperda tersebut.

Mengingat keberadaan Raperda ini nantinya dirancang lebih kepada mengatur tentang pencegahan dan pra kejadian segala bentuk kekerasan terhadap anak. Sehingga dengan adanya Raperda tersebut hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal dapat terpenuhi.

Diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Muharamin, dalam waktu dekat Raperda Perlindungan anak akan dikembalikan lagi ke DPRD,untuk diperbaiki lagi. Pasalnya dari berbagai masukan yang diterima cukup relevan untuk dimasukan dalam Raperda inisiatif DPRD Provinsi ini, sebelum disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi nantinya.

“Dalam Raperda itu sudah mengatur semuanya, termasuk sanksi hukum. Bahkan adanya aturan undang-undang yang lebih tinggi, bisa menjadi patokan untuk sangsi terhadap pelanggaran anak-anak. Ini upaya lebih kepada pencegahan dan pra kejadian,” ujarnya.

Senada dikatakan Waka I DPRD Provinsi, Edison Simbolon. diharapkan Raperda ini dapat menatralisir setiap kejadian kekerasan yang terjadi di Bengkulu akhir-akhir ini.

“Apalagi akhir ini maraknya kekerasan pada anak,  karena secara praktis acuan prinsip pembangunan aspek hukum,  ekonomi, tentang Perda yang disempurnakan,” ujar Edison Simbolon.(rian/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close