Bengkulu SelatanDaerah

Dinkes BS Optimalkan Imunisasi, Cegah Penyakit Difteri

Bengkulu selatan Rafflesianews.com – belum ditemukan adanya laporan masyarakat yang terkena difteri, namun Dinas Kesehatan (dinkes) Bengkulu Selatan akan mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut dengan cara imunisasi. (11/12/2017)

“Kami telah mengintruksikan kepada seluruh puskesmas dan klinik sekabupaten Bengkulu selatan supaya meningkatkan sistem imunisasi DTP,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan,kata Redhwan Arif

Penyakit Difteri ini merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Gejalanya berupaya sakit tenggorokan, dan terbentuknya lapisan pada amandel dan tenggorokan. Penyebaran bakteri-baktiri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang-orang yang tidak mendapatkan imunisasi difteri.

Selain imunisasi difteri, kata Redhwan, pihaknya juga akan mengoptimalkan peran kerja puskesmas sekabupaten bengkjulj selatan dalam melakukan pembinaan dan pemantauan langsung kepada warga yang mengidap gejala infeksi saluran pernapasan. Harapannya, warga tanggap terhadap tanda-tanda difteri.

Redhwan meminta warga agar tidak terlalu berlebihan dalam merespon kasus penyakit difteri. Menurutnya, rutin imunisasi, menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan secara optimal dapat mencegah penyakit difteri.

“Petugas kesehatan dari puskesmas harus mewaspadai ciri-ciri gejala infeksi saluran pernapasan yang diderita oleh warga, serta menganjurkan warga agar mempertahankan stamina tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan,” tegasnya (Ken)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close