DaerahRejang Lebong

Dengan SIMDA Pendapatan, Pendataan Pajak Daerah Bisa Dikelola Secara Baik dan Optimal

Rejang Lebong rafflesianews.com – Untuk mempermudah dan mengoptimalkan pengelolaan pajak daerah, Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Pendapatan dinilai tepat untuk membantu pendapatan daerah.

Belum lama ini, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong, meluncurkan Aplikasi Simda Pendapatan. Aplikasi ini diperuntukkan untuk menginput seluruh data pajak daerah di Kabupaten Rejang Lebong.

Sekertaris BPKD Kabupaten Rejang Lebong, Bambang Budiono mengatakan, penggunaan aplikasi Simda Pendapatan ini digunakan untuk mengelola 9 jenis pajak daerah yakni, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, retribusi parkiran, pajak hotel, pajak tambang, pajak air tanah dan pajak lainnya.

“Dengan Simda Pendapatan ini, pendataan pajak daerah bisa dikelola secara baik dan optimal,” bebernya.

Kata Bambang, jika sudah terdata dengan baik dan juga dikelola dengan baik pula, jelas bisa mendorong dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apalagi pajak dan retribusi merupakan sumber pembangunan daerah.

“Kalau PAD meningkat, artinya pembangunan daerah akan lebih banyak lagi yang bisa dilakukan,” pungkasnya.

Bambang juga menjelaskan untuk pengisian data pembayaran pajak, dapat dilakukan melalui aplikasi Simda Pendapatan. Jadi pengusaha yang ingin membayar pajak tidak perlu lagi datang ke loket BPKD untuk mengisi data-data yang dibutuhkan. Tetapi untuk proses pembayaran, pengusaha tersebut wajib membayarkan secara langsung ke Kas Daerah (Kasda) atau Loket pembayaran di BPKD Rejang Lebong.

“Nanti kita akan terbitkan dulu Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) di aplikasi Simda. Setelah terbit para pengusaha tersebut dapat membeyarkan langsung pajak tersebut ke loket BPKD atau Kasda,” pungkasnya. (Oi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close