EkbisHeadline NewsKota Bengkulu

Dekranasda Provinsi Bengkulu Siap Bersaing di Pasar Global

BENGKULU,Rafflesia.com- Pameran Kriyanusa Dekranas 2017 diikuti oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Se-Indonesia yang menampilkan hasil karya seni unggulan masing-masing pada stand-stand yang telah disediakan panitia.

Dekranasda Provinsi Bengkulu yang turut serta dalam pameran tahunan Dekranas tersebut menampilkan bermacam hasil karya pengrajin Bumi Rafflesia, mulai dari Kain Besurek, kerajinan Kulit Lantung, kerajinan bambu, hingga pahatan dan ukiran. Tidak lupa juga ditampilkan alat musik khas Bengkulu yaitu Dol.

Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin mengaku puas atas stand yang ditampilkan hasil kerjasama Tim Dekranasda dan Bidang Perindustrian Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Provinsi Bengkulu. Dalam kesempatan ini juga tampak hadir Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu Lierwan.

Menurut Derta Wahyulin, untuk menghadapi pasar global Dekranasda Provinsi Bengkulu akan lebih fokus melakukan pembinaan terhadap para pengrajin di setiap Kabupaten-Kota Se-Provinsi Bengkulu. hal ini supaya pengrajin yang ada bisa lebih berinovasi dalam menghasilkan sebuah karya seni.

“Sekarang ini karya yang ada sudah cukup bagus, karena kita bisa lihat bahwa sudah banyak pengunjung yang tertarik untuk membeli produk kita. Pembinaan yang dilakukan agar pengrajin lebih bisa berinovasi lagi,” jelas Derta Wahyulin yang juga merupakan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu.

Sementara itu dengan tema Pameran Kriyanusa Dekranas 2017 “Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda Kriya Indonesia”, Dekranasda Bengkulu juga akan melalukan peningkatan dalam menghimpun para pemuda untuk menghasilkan karya seni.

“Itu sudah masuk dalam agenda 2018. Kita memiliki planning yaitu menyiapkan griya-griya ataupun wadah bagi anak muda untuk berkarya. Tidak hanya tempatnya, kita juga akan melakukan pembinaan secara langsung,” tutup Derta Wahyulin. (Rian-Media Center Pemprov Bengkulu).

Related Articles

Close