advkotaBengkuluDPRD KotaPolitik

Dapat Laporan Dari Warga,Anggota DPRD Kota Gelar Inspeksi Mendadak Ke Pasar Barukoto

Dilokasi, Dewan Temukan Tumpukan Sampah Membusuk Di Dalam Saluran Disiring

KOTA BENGKULU, rafflesianews.com –Anggota Dewan Komisi II dan III DPRD Kota Bengkulu pada Selasa (20/02/18) menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Barukoto Kota Bengkulu, karena ada laporan masyarakat dan pedagang di Pasar Barukoto terkait timbunan sampah yang menyebabkan siring yang terletak di depan kios pedagang  jadi tersumbat.

Setelah tiba di Pasar Barukoto, para wakil rakyat ini di kejutkan dengan tumpukan sampah yang berserakan di beberapa siring pada areal pasar,  Tak hanya itu, akibat sampah yang sudah membusuk mengakibatkan sejumlah siring jadi tersumbat,. Sehingga saluran air disekitarnya menggenang dan meluap ke jalan, serta mengeluarkan bau busuk yang  menyengat.

Menurut Anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu Sandy Bernando yang terjun langsung ke lapangan mengatakan, Penyebab kerusakan yang ada di Pasar Barukoto sudah terjadi sejak beberapa tahun, Bahkan meskipun sudah beberapa kali dilakukan pengecekan, lalu kemudian di beritahukan kepada pemerintah kota yang menangani terkait dengan kebersihan pasar, Namun tetap Membandel.

Dirinya menyimpulkan bahwa hal ini terjadi akibat kelalaian pemerintah kota Bengkulu, terutama  dinas Kebersihan dan Dinas PUPR Kota Bengkulu seharusnya melakukan  pengawasan atau sosialiasasi terhadap pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan di dalam siring pada areal pasar.

“ Satya berharap Pemkot Bengkulu segera menyelesaikan persoalan ini. Selain itu, sebagai leading sektor pembanguan Dinas PUPR Bersama dinas Kebersihan Kota Bengkulu harus lebih jeli, Baik sistem pengelolaan sampah maupun pengawasan terhadap drainase  di areal pasar barakoto kota Bengkulu, tanpa  terkecuali:” Imbuh Sandy

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Barukoto Edwin Agus menyatakan bahwa soal sampah yang berserak di siring yang dimaksud, pihaknya sudah menyediakan kotak sampah, dan beberapa bahkan ada kotak sampah bantuan dari DLH. Hanya saja keberadaan kotak sampah itu sebagian hilang dan ada pula yang dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Edwin pun mengaku, ia selalu mengingatkan seluruh warga pasar untuk terus menjaga kebersihan dan menyampaikan jika ada permasalahan pedagang pasar kepada dirinya. Selain itu, menurutnya Perda yang mengatur kebersihan pasar ini sendiri belum turun. Sedangkan Perda itu sudah diajukan ke Dewan Kota.

“Karena Perda belum keluar jadi kami tidak ada kekuatan. Untuk kepengurusan Pasar sendiri, ada 2 OPD yang menangani, untuk parkir ditangani oleh Dishub Kota Bengkulu, Kebersihan ditangani Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tentu kami berharap Pasar bisa dikelola satu pintu oleh UPTD Pasar sendiri sehingga tidak tumpang tindih,” jelas Edwin.(Adv- Rian)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close