EkbisMukomuko

BPS Dukung Mukomuko Mempunyai Industri Hilir

Kepala BPS Mukomuko Amperianto, S.ST,
Kepala BPS Mukomuko Amperianto, S.ST,

MUKOMUKO,Rafflesianews- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mukomuko, Amperianto, S.ST, mengatakan, melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Mukomuko sekarang ini, daerah ini sudah layak untuk berdirinya dan memiliki industri hilir. Terutama industri minyak kelapa sawit.

Kepada BR di Mukomuko belum lama ini, Amperianto mengatakan, bahwa BPS mernilai Pemkab Mukomuko harus segera menarik menarik investor agar mau menanamkan modalnya dalam bidang pembangunan industri minyak kelapa sawit di daerah ini.

Dikatakannya, daripada olahan kelapa sawit diekspor keluar daerah, akan lebih bagus kalau diolah sendiri di Mukomuko. Terlebih lagi, soal minyak inti sawit yang bisa diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Industri itu, kata dia, selain mempunyai nilai jual tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan yang tak kalah penting lagi adalah akan mampu menyerap tenaga kerja tinggi dan akan mendorong kemajuan sektor lainnya. Misalnya sektor perdagangan, dan transportasi.

“Berdirinya pabrik CPO di Mukomuko, menyumbang perekonomian yang cukup besar bagi daerah ini. Apalagi Kabupaten Mukomuko penyumbang terbesar produksi kelapa sawit. Dari total produksi kelapa sawit Provinsi Bengkulu. Begitu pula untuk sektor kebun rakyat 251.845 ton, 55,34 persen disumbangkan dari Kabupaten Mukomuko,” tuturnya.

Mukomuko miliki 51,96 persen dari total 99.921 hektare kebun kelapa sawit milik rakyat. Dan miliki 42,49 persen dari total kebun kelapa sawit milik swasta seluas 95.164 hektare. Dan untuk produksi dari Mukomuko menyumbang hingga 47,34 persen.

“Kita mungkin tak menyadari, setiap harinya mungkin tidak pernah melewati pemakaian produk yang berbahan dasar minyak kelapa sawit. Seperti shampo hingga es krim. Dan hampir setengah produk yang ada di rak-rak minimarket apalagi supermarket, mengandung minyak kelapa sawit. Jadi sayang jika ini tidak dimaksimalkan di Mukomuko,” demikian (rb)

 

Related Articles

Close