DaerahRejang Lebong

BPKD RL Luncurkan Empat Aplikasi Layanan Publik

Rejang Lebing rafflesianews.com – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong, 17 Februari 2019 lalu, meluncurkan empat aplikasi layanan publik berbasis internet. Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanaan tepat pada saat peringatan tiga tahun kepemimpinan Hijazi – Iqbal sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong.

Sekertaris BPKD Rejang Lebong, Bambang Budiono menjelaskan, empat aplikasi yang di luncurkan adalah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Keuangan, kemudian aplikasi Ringanda, aplikasi Ringanda digunakan untuk Memonitoring Keuangan Daerah, kemudian aplikasi Sistem Informasi Objek Pajak (Sismiop), yang digunakan untuk pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Selanjutnya, aplikasi Simda Pendapatan, penggunaan aplikasi Simda Pendapatan ini digunakan untuk pengelolaan 9 pajak daerah. Meliputi pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, retribusi parkiran, pajak hotel, dan lainnya.

“Aplikasi ini diluncurkan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bambang kepada Media Center saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 27 Februari 2019.

Bambang mengatakan, peluncuran aplikasi tersebut guna memudahkan masyarakat yang akan berurusan dengan pemerintah Rejang Lebong dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi.

“Aplikasi-aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat, seperti aplikasi Sismiop. Aplikasi Sismiop dikhususkan untuk pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB). Contoh dalam satu Desa ingin membayar PBB, tentu seluruh masyarakat Desa setempat tidak perlu datang ke tempat pembayaran, cukup satu orang saja. Karena didalam aplikasi itu sudah tertera jumlah PBB yang harus dibayar dalam satu Desa itu,” pungkasnya. (Oi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close