advbengkulu selatanBengkulu SelatanPolitik

Bengkulu Selatan Menuju Universal Health Coverage

Seluruh Warga BS Bisa Berobat Gratis

BENGKULU SELATAN, rafflesianews.com – Dalam upaya pencapaian cakupan semesta (Universal Health Coverage) jaminan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) resmi bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kerjasama ini ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (05/02/2018).

“Ini untuk penambahan kuota Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda-red) agar semua warga Kabupaten Bengkulu Selatan dapat memiliki jaminan kesehatan,” ujar Bupati BS, Dirwan Mahmud usai penandatanganan MoU.

Dijelaskannya, sebanyak 133.676 dari 164.237 warga BS telah telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Jaminan Kesehatan Daerah. Hanya tersisa 30 ribuan lagi warga yang belum memiliki jaminan kesehatan.

“30 ribuan itu akan diupayakan diplot pada APBD Perubahan. Diprediksi butuh anggaran Rp7,5 Miliar,” jelas Dirwan.

Menurut Dirwan, kebutuhan anggaran sebesar Rp7,5 Miliar tersebut bisa saja berkurang dengan melakukan validasi data terhadap penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ganda, alamat tidak jelas dan meninggal dunia.

Selain itu, sambung Dirwan, Pemerintah Daerah meminta kepada seluruh perusahaan dan badan usaha di Bengkulu Selatan untuk mengikutsertakan karyawannya ke program BPJS.

“Nanti kepada dinas sosial saya minta untuk memvalidasi data penerima Jamkesda dan KIS yang ganda, pindah alamat dan meninggal dunia,” tegas Dirwan.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bengkulu, Rizki Lestari mengapresiasi Program Jaminan Kesehatan Daerah Pemkab Bengkulu Selatan.

“Dengan ini, Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai pioneer dalam mewujudkan UHC di Provinsi Bengkulu. Diharapkan menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota lain di Provinsi Bengkulu dalam mewujudkan UHC, yang berarti bahwa nantinya tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki jaminan kesehatan.”ungkapnya. (ken/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close