Kota Bengkulu

Ayo Ikut Germas Hadapi Pancaroba

Bengkulu, Rafflesianews.com – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengajak seluruh elemen masyarakat ikut dalam program “Gerakan masyarakat hidup sehat” (Germas) untuk menghadapi berbagai tantangan kesehatan akibat pancaroba.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Edriwan Masyur di Bengkulu, Jumat, menyebutkan, jaminan kesehatan tidak cukup hanya dengan pemutakhiran sarana dan prasarana infrastruktur kesehatan saja.

“Yang paling penting itu adalah tindakan promotif preventif, jadi kita mencegah sebelum sakit, dan itu hanya bisa terjadi jika masyarakat mengubah pola hidup dengan gaya hidup sehat,” kata dia.

Kondisi cuaca yang tidak menentu atau pancaroba, kata Edriwan, akan meningkatkan potensi masyarakat terkena berbagai penyakit seperti penyakit pada usus, diare, flu, demam, malaria maupun DBD.

Jika kekebalan tubuh masyarakat tidak bagus, maka kemungkinan terserang penyakit akan menjadi lebih tinggi, bahkan juga bisa membahayakan nyawa.

“Oleh karena itu, agar imun lebih siap menghadapi berbagai tantangan kondisi cuaca, perlu makan makanan dengan nutrisi yang tepat, dan cukup serat,” kata dia lagi.

Masyarakat juga harus meningkatkan kebugaran fisik, caranya dengan olahraga teratur setiap hari, setidaknya selama 30 menit. Edriwan menjelaskan pekerjaan yang memanfaatkan kekuatan fisik berbeda dengan olahraga, namun masyarakat banyak yang menyalahartikan bahwa bekerja cara tersebut sudah cukup untuk mengganti olahraga.

Kegiatan yang membutuhkan kekuatan otot fisik contohnya seperti mencuci pakaian atau mengangkat barang-barang, biasanya hanya membutuhkan kerja bagian otot tubuh tertentu saja, jadi tidak bisa disamakan dengan olahraga.

“Selain itu, bekerja seperti itu lebih pada keterpaksaan otot, sementara olahraga adalah membangun kebugaran dengan relaksasi otot-otot,” ucapnya.

Selain pola konsumsi makanan dan olahraga, poin penting dalam gerakan masyarakat hidup sehat lainnya adalah pemeriksaan rutin kesehatan di klinik atau puskesmas.

“Sekarang kan sudah mendapat jaminan BPJS, ayo periksa rutin, tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat, kan gratis. Mencegah lebih mudah dari pada mengobati,” ujarnya.

Related Articles

Close