Kota BengkuluPendidikan

Angkat Budaya Lokal, SMPN 4 Kota Bengkulu Gelar Pensi

Bengkulu, rafflesianews.com – Untuk melestarikan seni dan budaya lokal sebagai ajang pengaktualisasian diri, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kota Bengkulu menggelar pentas seni (pensi). Acara yang dihelat pada Senin (22/01/2018) di halaman SMPN 4 Kota Bengkulu berhasil menyedot perhatian penonton.

Dengan mengusung tema  “Wujudkan Impian Dengan Prestasi Gemilang”, ditampilkan berbagai pertunjukan budaya lokal yang dimainkan siswa SMPN 4 Kota Bengkulu seperti kesenian Bejogar, Tari Coki Coki, Arak Jari-Jari, Tari Piring Kreasi, Tari Payung, Cerita Rakyat Putri Kemang, Tari Pesona Nusantara, Tari Panen Kreasi, Tari Zapin, Tari Indang, Tari Lenggang Patah Sembilan, dan Tari Tapak Putri Kemang.

“Melalui pentas seni dan budaya dalam kemasan yang lebih modern tanpa meninggalkan esensi kebudayaan yang terkandung di dalamnya ini dapat menjadi daya tarik penonton sehingga semakin mencintai budaya lokal.,” ujar Kepala SMPN 4 Kota Bengkulu, Mala Hartati, S.Pd usai acara.

Kepala SMPN 4 Kota Bengkulu, Mala Hartati, S.Pd didampingi Kepala SMPN 2 Kota Bengkulu, Susnaini Julita, S.Pd saat pagelaran pensi budaya.
Kepala SMPN 4 Kota Bengkulu, Mala Hartati, S.Pd didampingi Kepala SMPN 2 Kota Bengkulu, Susnaini Julita, S.Pd saat pagelaran pensi budaya.

Lanjutnya, Peranan lembaga sekolah dinilai sangat strategis karena pewaris seni dan budaya tersebut masih berusia muda. Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita.

“Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di sekolah,” pukasnya kemudian.

Sementara itu, menurut salah satu siswa SMPN 4 Kota Bengkulu, Sava Alini Putri (14) mengaku sangat bangga dengan diadakan pensi dn ikut serta ambil bagian dalam pentas tari.

Menikmati ; Dewan Guru, siswa, dan para tamu undangan tampak menikmati pertunjukan seni dan budaya yang dibawakan Siswa SMPN 4 Kota Bengkulu

“Semoga teman-teman yang menghadiri pensi ini dapat memperoleh wawasan tambahan mengenai seni dan budaya lokal. Tidak hanya mengenai khazanah kekayaan budaya bangsa, tapi juga dalam kewirausahaan di bidang seni-budaya,” kata Sava mewakili teman-temannya.

Para Siswa menyulap peralatan bekas menjadi alat musik yang ditampilkan dalam pensi

Dalam pagelaran pensi, hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetti, MM, Kepala SMPN Se-Kota Bengkulu, para siswa dan para tamu undangan. (adv-ark-phri)

Alat musik khas Bengkulu, Doll yang dimainkan dalam pensi budaya lokal dalam mengiri tari daerah

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close